Kita tentunya tahu bahwa manusia tidak lahir dengan kepala yang kosong, tetapi pada waktu lahir pun otak sudah berisi yang emungkinkan untuk belajar dari lingkungan. Sejak lahir manusia telah mengalami pengalaman-pengalaman fisika. Dengan isi otak dari lahir ditambah dengan pengalaman yang didapat maka akan terbentuk prakonsepsi, dimana dengan catatan bahwa prakonsepsi itu belum tentu benar. Siswa masuk kelas dengan prakonsepsi yang cukup banyak tetapi kadang kebanyakan guru tidak menyadari prakonsepsi siswa. Guru banyak mengajarkan konsep, dan menganggap bahwa siswa masih belum mengenal konsep tersebut. Memang kadang ada siswa yang mampu memahami konsep itu dan mampu menerapkannya dalam berbagai model soal tetapi kebenyakan siswa menganggap bahwa ilmu fisika itu sulit untuk dipelajari. Ada juga yang hanya mampu memehami sedikit konsep sehingga apabila diberi soal yang sedikit menyimpang, sehingga miskonsepsi pun muncul sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa itu pun tidak paham. Dari dari sedikit uraian masalah diatas maka peran psikologi pendidikan sangatlah penting karena psikologi pendidikan banyak menguraikan tentang teori-teori belajar sehingga kita dapat memilih dengan menggunakan metode apa kita akan mengajar sehingga siswa mampu memahami konsep yang ada.
0 komentar:
Posting Komentar