Senin, 21 Juni 2010

Hal-hal yang dapat dilakukan dalam mengupayakan unsur inteligensi, motivasi dan kondisi emosi agar mempunyai pengaruh positif dan optimal terhadap

Kita sebagai umat muslim tentunya kita sudah memahami bahwa Allah menciptakan manusia adalah makhluk yang sempurna. Dari hal itu tentunya sebagai pendidik kita mempunyai independensi dalam arti bahwa manusia mempunyai sifat ingin terus berkembang dan kita sebagai umat Islam memiliki mkebebasan berkehendak melakukan sesuatu.
Disamping itu emosi dapat dikatakan sebagai energi dan semangat yang palinh kuat dan dapat memberikan kekuatan intuitif. Emosi membuat kita menjadi jujur, kreatif, saling mempercayai, paduan nurani serta menuntun pada hal-hal yang tidak terduga.
Dari uraian diatas, pengoptimalisasian unsur intelegensi, kondisi emosi dan motivasiperlu dilakukan langkah-lankah yang praktis, antara lain :
1. Mampu membangun suasana yang menggairahkan
Suasana disini adalah bahwa pendidik dan peserta didik harus memiliki ikatan batin, dimana pendidik harus memahami kekuatan terpendam dari peserta didik yang kadang sering terlupakan yang antara lain berupa niat. Emosi siswa harus terjaga, dimana kita harus mengetahui bahwa dengan memisahkan emosi dari logika dan pemikiran dalam kelas, kita telah menyederhanakan managemen sekolah dan evaluasi, tetapi kita juga telah memisahkan dua sisi pada sebuah koin dan akibatnya akan kehilangan satu hal yang penting. Ketrampilan belajar untuk belajar juga harus dipahami oleh guru, baik itu berupa gaya belajar, kondisi siswa maupun cara mengolah informasi.
2. Mengubah menjadi lingkungan yang mendukung
Perancangan pengajaran yang dinamis dan pengunaan fasilitrasi secara tepat,tegas, dan luwes sangat diperlukan. Dimana dari situ akan dapat menciptakan suatu stategi berpikir sehinga komunikasi yang terjadi akan menghasilkan hasil yang optimal.
3. Berani mengambil resiko karena petualangan dalam belajar sesuatu yang baru akan mendapat resiko diluar kenyamanan siswa
4. Memberikan keteladanan yang akan membangun hubungan, memperbaiki kredibilitas dan dapat meningkatkan pengaruh

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites